Teh POCI Segar dari PT Gunung Slamat : REKSO Company

Siapa yang tidak tahu teh POCI? Saya rasa tentu semua tahu teh wangi melati yang satu ini.

Asal mula perusahaan
Sedikit sejarah, berawal dari bisnis keluarga Sosrodjojo pada tahun 1940, dengan produ bermerek Teh Cap Botol. Pada tahun 1953, bisnis keluarganya berkembang menjadi PT. Gunung Slamat, yang sampai sekarang menghasilkan berbagai variasi produk dengan merek antara lain Botol, Sosro, Poci, Sepatu, Sadel, Terompet, dan Berko. Hingga sekarang memiliki ribuan karyawan.

Sejarah Teh
Pada tahun 2737 sebelum masehi, Kaisar Shen Nung. Sang Kaisar sedang merebus air dibawah pohon. Angin bertiup, beberapa helai daun jatuh kedalam rebusan air. Sewaktu sang Kaisar meminum air rebusan tersebut, ia merasa bahwa air yang diminumnya lebih sedap daripada air putih biasa, dan menjadikan badan lebih segar. Daun yang terseduh kedalam rebusan air sang Kaisar adalah daun Teh. Dan sejak saat itu teh mulai dikenal dan disebarluaskan.

Sebelum masuknya teh ke Indonesia, komoditas teh diperkenalkan ke dunia luar pertama kali pada masa Dinasti Han, Tang, Song, dan Yuan melalui pertukaran kebudayaan dengan menelusuri jalur Sutera. Masuklah ke Indonesia, tanaman teh mulai dikenal sebagai tanaman hias di Indonesia sejak tahun 1686, oleh seorang Belandar bernama Dr. Andreas Cleyer. Pada tahun 1828, dimasa pemerintahan Gubernur Van Den Bosch, teh menjadi salah satu tanaman yang harus ditanam oleh rakyat melalui politik tanam paksa.

Seperti yang kita tahu Teh memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan seperti meningkatkan konsentrasi otak, menjaga fungsi kognitif otak, menurunkan risiko diabetes, menurunkan tekanan darah, kolesterol, kardiovaskular, mencegah kanker, dan bahkan dapat menurunkan berat badan, selain itu sebagai pelepas dahaga, dan masih banyak lagi.

Produk
Teh (Camelia sinensis) dibagi menjadi 2: Teh Hitam (oksidasi enzimatis) dan teh hijau.

Proses pembuatan Teh:
  • Pengeringan 1 
    • Proses awal pembuatan teh wangi untuk membentuk warna dan aroma khas teh wangi melati.
  • Pembaceman (seharian)
    • Proses persiapan teh sebelum proses pewangiann dalam proses ini dilakukan penambahan air untuk melembabkan teh. Hal ini bertujuan agar membentuk warna dan mengurangi reaksi eksoterm teh pada saat kontak dengan bunga.
  • Pewangian
    • Proses inti pembuatan teh wangi, dimana terjadi penyerapan aroma dari bunga melati dan bunga gambir oleh teh yang telah dipersiapkan pada proses sebelumnya (pembaceman).
  • Pengeringan 2
    • Proses penurunan kadar air setelah proses pewangian.
  • Pengemasan
    • Proses memasukan teh di dalam kemasan dan siap dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat.
Cara menyeduh teh poci yang benar:
  1. Jumlah teh vs jumlah air (10 g vs 1 L)
  2. Suhu air mendidih
  3. Waktu pelarutan 3-5 menit

Komentar

Postingan Populer