MANAJEMEN

Manajemen adalah tindakan manipulasi, memanfaatkan sumber daya (aset, jejaring kepercayaan) dan SDM untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Menentukan perusahaan:
1. Visi: abstrak
2. Misi: konkrit dan tidak dapat diukur
3. Tujuan: mencari keuntungan. Bila suatu yayasan atau institusi non-profit lainnya, keuntungan tidak boleh diambil oleh pendiri/pemodal.
4. Sasaran: tujuan yang bisa kita ukur. Contoh: meningkatkan pendapatan masyarakat dalam jangka berapa tahun. Dapat diukur.

Direction adalah strategi. Strategi dibagi menjadi 2: rencana strategis dan recana non strategis.
1. Recana Strategis: mencapai tujuan. Contoh: masuk jurusan teknologi pangan, bila berubah maka menimbulkan dampak kerugian dari segi finansial.
2. Rencana non Strategis: tidak kerugian dari segi finansial.

Hal yang terpenting adalah waktu. Karena waktu tidak dapat dibeli. Caranya harus mengatur cermat setiap recana yang kita susun, melalui skala prioritas.
Bila dari segi pembayaran, maka bunga duluan yang dibayar.

Ada hambatan setelah planning di atas, penyimpangan tidak boleh jauh agar dapat kembali ke tujuan disebut taktik atau manuver. Kalau menghadapi hambatan harus melakukan manuver. Disamping itu juga, taktik dapat berguna untuk mengecoh saingan, gerakan improvisasi hambatan untuk mengetahui pesaing kita.

Recana harus state. Setiap recana harus diberitahu ke tim/kelompok, kalau tidak hanya menjadi mimpi.

Komentar

Postingan Populer