Kontribusi Petani Kecil Produksi Pangan Global

Semakin bertambahnya populasi di dunia, maka kebutuhan pangan semakin bertambah. Pada tahun 2050, diprediksi populasi manusia akan meningkat menjadi 9,1 miliar. Hal ini membuat kebutuhan pangan membutuhkan peningkatan produksi sebanyak minimal 70%. Akan tetapi petani kecil malah mengalami kemiskinan, keamanan pangan yang buruk, dan akses pasar yang cukup terbatas.

Menurut Samberg, dkk (2016) 28% lahan pertanian di 83 negara yang dibudidayakan oleh 383 juta rumah tangga. Pertanian kecil menyumbang produksi beras global sekitar di atas 80%, produksi kacang tanah dan kelapa sawit global 75%, 70% produksi ubi kayu dan millet global, dan terakhir produksi kapas dan tebu global sebanyak 40%. Pertanian kecil tersebut berkontribusi sekitar 70% dari total produksi kalori global dan 53% kalori global. Maka dari itu, pertanian kecil sangat berperan pada ketahanan pangan suatu negara.

Peran pertanian kecil sangatlah penting bagi kelanjutan pangan, dan ketahanan pangan, tetapi minim perhatian sehingga banyak petani yang miskin. Oleh karena itu, para petani membutuhkan upaya peningkatan kesejahteraan agar tercapai penurunan angka kemiskinan dan pemenuhan ketahanan pangan global.

Komentar

Postingan Populer