Redesain Fotosintesis

Terdapat 3 cara dalam mendesain ulang fotosintesis. Apa aja sih?
 

1. Light Capture
Fotosintesis memiliki proses yang cukup kompleks sehingga perlu dilakukan efisiensi. Efisiensi tersebut dilakukan pada aktivitas absorptivitas tanaman terhadap cahaya. Absorptivitas yang tinggi terjadi karena tanaman harus dapat menyerap cahaya secara efektif pada sore hari atau intensitas cahaya yang minim. Energi yang berlebih akan menyebabkan fotooksidasi yang dapat merusak tanaman. Oleh karena itu penyerapan cahaya harus dikurangi dengan cara mengurangi light-harvesting pigments seperti klorofil dan karotenoid yang ada pada tanaman.
2. Meningkatkan Konversi Karbon

Proses fotosintesis merupakan substrat utama karbon (CO2). Terdapat faktor penghalang produktivitas yang biasa disebut fotorespirasi dimana hilangnya senyawa karbon dan energi metabolik akibat aktivitas oksigenase Rubisco. Tanaman C3 sering terjadi fotorespirasi. Berbeda dengan C4 memiliki mekanisme menangkap CO2 dalam bentuk malat ke dalam sel mesofil, lalu didekarboksilasi ke dala sel yang mengandung Rubisco sehingga dapat menghasilkan banyak biomassa dan menjadi salah satu alternatif tanaman C3 menjadi tanaman C4.
Hasil gambar untuk photosynthesis c3 c4

3. Smart Canopy
Smart canopy? apakah tanaman tersebut diberi tudung seperti rumah-rumah. Tidak guys tetapi memiliki prinsip seperti itu. Pada umumnya cahaya tidak dapat menembus dedaunan sehingga daun yang berada dibagian bawah daun lainnya tertutup dan tidak mendapatkan cahaya secara maksimal. Muncullah smart canopy tersebut untuk memaksimalkan penerimaan cahaya dan produksi biomassa per satuan luas tanah.

Komentar

Postingan Populer