CARA MEMERAH SUSU SAPI AGAR MENDAPATKAN KUALITAS YANG BAIK

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk :
- Menghasilkan kualitas produksi yang baik
- Mendapatkan susu yang bersih
- Mencegah infeksi mastitis (penyakit saat memeras susu, hal ini akan membuat tangan gatal dan korengan)
- Menenangkan sapi agar tidak stres

Ada 9 Cara :
1. Minimize Stress
Untuk mendapatkan kualitas susu yang baik, sapi tidak boleh stres. Bila sapi tersebut stres, kualitas susu akan menurun.

2. Use Glove
Dalam memerah sapi harus menggunakan sarung tangan untuk menghindari berbagai bakteri salah satunya adalah mastitis. Selain itu puting sapi dan tangan lebih higenis dan bersih.

3. Clean Cows
Agar kebersihan terjaga, tentunya puting susu sapi apabila kotor harus dibersihkan. Setelah itu dilap dengan handuk sampai benar-benar kering.

4. Forestrip
Pada proses ini harus menggunakan sarung tangan. Setiap pemerahan sapi hanya dilakukan 10 - 20 detik saja, dilakukan dengan lembut dan cepat.

5. Pre-dip
Puting sapi dicelupkan pada cariran sanitasi untuk melindungi puting susu dari bakteri saat pemerahan. Proses ini dilakukan sekitar 30 detik sebelum dikeringkan.

6. Dry
Proses mengeringkan puting sapi sampai sangat kering dan tidak boleh 1 handuk untuk seluruh sapi (1 sapi = 1 handuk). Setelah dipakai handuk harus dicuci dengan :
- Detergen / Sanitizer
- Hot water (diatas 140 derajat Celcius)
- Heated dry cycle

7. Attach Milking Units
Alat yang digunakan untuk memerah sapi tidak boleh sangat kencang dan tidak boleh longgar, harus pas. Hal ini dilakukan 1-1,5 menit. Susu sapi akan lebih higenis dan bersih karena terhindar dari kontak langsung oleh sang pemerah.

8. Remove Milking Units
Setelah selesai proses, alat yang digunakan harus segera dilepas namun perlahan agar puting sapi tidak terluka.

9. Post Dip
Proses yang terakhir adalah dengan mencelupkan kembali puting sapi ke air sanitasi atau menyemprot seluruh bagian puting sapi. Setelah itu dicek kembali dengan kertas apakah seluruh puting sapi sudah rata atau belum.





Komentar

  1. Jangan lupa baca dulu tulisanmu sebelum melakukan posting. Sunting kembali jika merasa tulisan tersebut belum layak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer