Sweet Sustainable Solution in North Sulawesi


Setiap proses pada makanan pasti akan terdapat sisa dari proses produksi suatu pabrik yang dapat disebut limbah. Limbah bila tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan kerusakan lingkungan. Bagaimanapun kita harus menjaga kelestarian lingkungan dengan baik. Lalu bagaimana caranya? Caranya dengan menerapkan Zero Waste. Apa itu Zero Waste? Zero Waste adalah suatu proses produksi dimana menghasilkan sedikit limbah (by product) dengan cara mengolah limbah itu sendiri menghasilkan suatu produk.

Sulawesi Utara memiliki pengolahan gula aren zero waste. Sulawesi Utara memiliki banyak sekali pohon palem, produk utama dari pohon palem adalah gula aren, akan tetapi masyarakat menjadikan berbagai macam produk, tidak hanya gula aren. Peneliti bernama Willie Smits memanfaatkan pohon palem tersebut dengan baik melalui berbagai pemrosesan agar tercapai zero waste, Selain itu, beliau juga mensejahterakan rakyat yang diketahui sangat sedikit yang meiliki mata pencaharian.


Rocket stove digunakan dalam pemasakan gula aren, hal ini dapat mengurangi penggunaan kayu bakar dan secara otomatis mengurangi/menghilangkan asap-asap yang dihasilkan yang dapat membahayakan kesehatan dan menjadi polusi. Proses gula aren ini dapat menghasilkan sirup sebagai by product berupa uap air hasil evaporasi sugar juice yang dikumpulkan dan dikondensasi menjadi air yang di purifikasi menjadi air minum. By product dari produksi bioethanol yang didapatkan dari proses sugar juice juga dimanfaatkan. Karbon dioksida hasil produksi bioethanol dikumpulka dan dikirimkan ke kolam algae yang kaya protein sehingga sangat dapat digunakan sebagai pakan hewan ternak. Lalu ada gas metana yang dimanfaatkan dalam alat distilator. Lalu adanya sisa slurry digunakan pupuk algae dan sawah. 

Komentar

Postingan Populer