MANAJEMEN RANTAI PASOK HALAL

Manajemen terdapat banyak macam salah satunya kita akan belajar mengenai Manajemen Rantai Pasok Halal.

Manajemen Rantai Pasok Halal merupakan manajemen penjaminan intergritas halal yang prosesnya bermula dari bahan baku hingga sampai di tangan konsumen. Kegiatan ini meliputi proses pengolaan, pengadaan, penyimpanan, dan penanganan bahan.

 












Gambar 1. Rantai Pasok Halal oleh Cooper (1997)






















Halal Policy
Bagian ini merupakan tanggung jawab untuk memberikan jaminan keamanan bagi konsumen dan keintegritasannya terhadap kehalalan suatu rantai pasok tersebut.

Supply Chain Objective
Bagian ini bertujuan untuk mengurangi waktu produksi, sehingga dapat meningkatkan efektifitas, realibilitas, dan fleksibilitas, dan pastinya mengurangi biaya pada segi logistik. Pada segi pelayanan konsumen adalah mengutamakan konsumen dalam hal ketersediaan stok dan kepuasan konsumen dalam proses rantai pasok.
 
Logistic Control
Hal ini bertujuan untuk mengambil suatu keputusan dan mengatur jalannya rantai pasok agar sitem berjalan dengan baik, memuaskan kebutuhan konsumen, dan menekan biaya.

Supply Chain Resources
Organisasi dan informasi manajemen suatu rantai pasok

Supply Chain Business Processes
a. Proses distribusi harus memisahkan barang halal dengan non-halal
b. Kontrol dan jaminan dalam menjaga kehalalan rantai pasok
c. Pemasok menghargai nilai halal pada proses strategi pembelian, penentuan spesifikasi, kecepatan, dan evaluasi dari pemasok.

Supply Chain Network Structure
Jaringan kerjasama yang dipakai untuk meningkatkan proses rantai pasok, pengendalian, dan pengelolaan agar berjalan dengan lancar.

Halal Supply Chain Performance 
Bagian ini adalah suatu kepercayaan dari merek dagang serta kredibilitas dari sertifikat halal. Lalu adanya limbah fisik dalam rantai pasok, dan sumber daya lain yang digunakan.

Komentar

Postingan Populer