Proses Pembuatan Kue Bulan

Kue bulan secara umum berbentuk bulat atau persegi dan dipanggang dengan isian beragam dan kulitnya terluarnya dihiasi dengan cetakan dari produsen dan salam keberuntungan atau menunjukkan bahan isiannya. Kue bulan merupakan makanan original dari budaya di Cina (Bergquist, 2006). Bagian kue bulan terdiri dari kulit terluar dan isi. Pertama, kulit terluar terbuat dari gandum atau dari tepung sereal jenis lainnya dan minyak sayur, dengan atau tanpa gula, serta air abu untuk menambahkan tekstur kekenyalan dan umur simpan. Kue bulan biasanya memiliki pola dekoratif di atasnya, sedangkan yang terakhir isiannya secara umum terbuat dari pasta yang lembut (pasta biji teratai, pasta kacang merah atau kacang hijau, pasta talas, dan jenis lain-lainnya), kuning telur asin, buah-buahan, biji-bijian, wijen, daging babi, atau bahan-bahan lainnya (Chysirichote dkk, 2011). Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dan penjelasan proses pembuatan kue bulan.

1. Bahan sirup:
• 300 gram gula pasir
• 200 gram air
• 1 buah lemon, diiris
• 1/2 sdm maltose (gula gandum)
• 1/4 sdt garam

2. Cara membuat sirup untuk kue bulan:
• Semua bahan sirup dimasak kira kira 1.5 s/d 2 jam hingga kental.
• Setelah dingin, baru siap dipakai. Jika disimpan dalam toples tertutup, maka bisa
digunakan hingga maksimal 1 tahun.

3. Bahan isi:
• 500 g biji kacang hijau kupas, rendam dengan air terlebih dahulu lalu rebus
dengan air secukupnya kemudian blender dan saring sampai halus.
• 350 g gula pasir
• 2 sdm sirup
• 350 ml minyak kelapa

4. Cara membuat kue bulan:
Untuk membuat kulit, campurkan tepung terigu dengan sirup, minyak kelapa, air abu, dan di ulen sampai tidak lengket pada tangan. Tutup dengan serbet basah, dan dibiarkan selama sekitar 3 jam. Sementara untuk isian, panaskan minyak kelapa dengan sedikit gula pasir dan masak hingga menjadi karamel, masukkan pasta biji kacang hijau, air abu, sisa gula pasir, sirup, kemudian diaduk rata. Tuang minyak kelapa sedikit demi sedikit hingga tercampur rata dan dapat dibentuk. 
Setelah itu angkat dan dinginkan. Kemudian bulatkanlah adonan isi, dan setelah itu ambil adonan kulit, lalu dipipihkan dan masukkan isian pada tengah-tengahnya. Masukkan ke dalam cetakan kue bulan, yang sebelumnya telah dioles minyak dan ditaburi terigu sedikit agar tidak lengket. Setelah cetakan kue terbentuk, keluarkanlah secara perlahan dan oleskan sirup di seluruh permukaannya dengan kuas secara tipis-tipis. 
Tahap akhir adalah panggang kue selama 10 menit pada suhu 175􀔨, kemudian keluarkanlah dan dinginkan beberapa menit untuk dioleskan sedikit sirup, lalu pangganglah lagi selama 10 menit. Keluarkan untuk kedua kalinya dan dioleskan sedikit sirup, kemudian panggang untuk terakhir kalinya selama 9 menit. Keluarkan setelah mencapai 9 menit, lalu kue bulan didinginkan sebelum dapat dinikmati.

Komentar

Postingan Populer